MantraUANG Sekuriti Bisnis Online Bagian 4

Pada MantraUANG Sekuriti Bisnis Online Bagian 2, Anda perlu meng-upgrade WordPress Anda setiap kali WordPress merilis versi baru.

Sayangnya terkadang WordPress versi terbaru mempunyai bug atau tidak compatible dengan plugin yang Anda install. Mengerikan sekali kalau blog Anda sampai tidak bisa diakses & berhenti menghasilkan uang karena WordPress Anda baru di-upgrade.

Maka dari itu, akan sangat bijaksana jika Anda melakukan 3 hal ini sebelum Anda meng-upgrade WordPress Anda:

  1. Buat tes site (dummy site)

    Anda bisa membuat satu instalasi WordPress di sub domain atau di sub folder di web hosting Anda yang khusus Anda gunakan untuk mengetes WordPress versi terbaru (misalnya MantraUANG.net/testing).

  2. Duplikat plugin Anda

    Install plugin yang sama seperti di blog Anda yang sesungguhnya & tes apakah semuanya berfungsi normal.

  3. Backup WordPress Anda

    Setelah Anda yakin bahwa WordPress versi terbaru compatible & tidak bermasalah dengan semua plugin yang Anda gunakan, selalu backup WordPress Anda & download ke komputer Anda sebelum Anda upgrade!

Anda juga perlu melakukan hal yang sama sebelum Anda meng-upgrade plugin Anda. Tes dulu plugin versi terbaru tersebut. Jika tidak ada masalah, baru Anda upgrade plugin di blog Anda yang sesungguhnya,

Comments

  1. Makasih untuk tipsnya…

  2. kebiasaan hajar bleh mas, kalau gagal kan ada backup nya, hehe..

    • Proses recovery nya terlalu lama karena untuk downgrade, WordPress harus di-uninstall & semua file WordPress di web hosting harus dihapus. Sayang uang yang hilang selama downtime.

Leave a Reply

%d bloggers like this: