Kindle – Cara Instant, Murah & Praktis Beli & Baca Buku

Kindle Paperwhite

Kindle Paperwhite pas di tangan & gak capek di mata.

Saya hobby baca buku, terutama buku dalam versi aslinya yang bukan terjemahan. Sayangnya di Jakarta gak gampang cari buku import, apalagi kalo bukunya baru terbit. Jadi dulu saya biasa beli di The Book Depository karena di situ pilihannya banyak & gratis dikirim ke Indonesia tanpa kena bea masuk 🙂 Sayangnya harga buku di The Book Depository lebih mahal dibanding Amazon & ngirimnya lumayan lama… 2-3 minggu buku baru sampai. Jadi mesti bersabar kalo mau baca buku baru.

Tapi itu dulu.

Sekarang kalo mau baca buku baru, udah instant! Begitu bayar, bukunya langsung dikirim saat itu juga & bisa langsung dibaca di Kindle. Asyik khan?

Anda juga mau coba Kindle? Ini caranya…

Kindle bisa dibeli di Amazon. Sayangnya Amazon gak kirim barangnya ke luar Amerika, apalagi mengirim ke Indonesia. Jadi pilihannya ada 2:

  • Beli Kindle selain di Amazon, atau
  • Beli Kindle di Amazon & kirim ke alamat teman / saudara yang tinggal di Amerika lalu minta tolong dikirimkan ke Indonesia atau titip dibawakan kalo ada yang pulang ke Indonesia (ini yang saya lakukan). Kalo gak punya teman / saudara di Amerika, alternatifnya bisa menggunakan jasa forwarder, misalnya seperti Borderlinx, untuk kirim ke Indonesia (saya pribadi belum pernah pakai jasa forwarder).

Kenapa Murah?

Harga buku versi Kindle lebih murah dibanding buku konvensional di Amazon, apalagi kalo dibandingkan dengan harga buku di The Book Depository atau di toko buku di Jakarta 🙂

Lalu sudah rahasia umum kalo banyak versi eBook dari berbagai buku import yang bisa di-download gratis, entah dalam bentuk PDF, ePub atau Mobi. Kindle sendiri bisa membuka eBook dalam bentuk PDF, Mobi dan AZW. Yang canggih lagi, Amazon juga memberikan jasa konversi gratis dari bentuk PDF menjadi AZW, Anda cukup tinggal email file PDF tsb ke account email Kindle Anda dengan subyek Convert maka Amazon akan otomatis mengkonversinya menjadi AZW & dikirim langsung ke Kindle Anda!

Alternatifnya Anda juga bisa pakai Calibre, software open source, untuk mengkonversi PDF atau ePub menjadi Mobi.

Kenapa Instant?

Begitu kita beli buku versi Kindle di Amazon, buku tsb langsung dikirim & diterima di Kindle kita (kalau Kindle Anda terhubung ke Internet dengan WiFi). Seketika lho begitu pembayaran sudah diproses!

Kalo Anda punya banyak eBook di laptop Anda, Anda juga bisa transfer eBook tsb ke Kindle Anda pakai kabel USB yang diberikan Kindle.

Kenapa Praktis?

Kindle Paperwhite separuhnya iPad 2 & jauh lebih ringan.

Ukuran Kindle Paperwhite separuhnya iPad 2 & jauh lebih ringan.

Selain karena instant, juga karena ukuran Kindle yang separuhnya iPad. Kindle Paperwhite saya muat di kantong celana saya. Jadi kalo dulu buku yang saya kantongi, sekarang Kindle 🙂

Baterai Kindle juga sangat hemat kalo dibandingkan iPad. Kindle Paperwhite saya sudah 2 minggu belum di-charge padahal tiap hari dipakai untuk baca & WiFi nya dinyalakan. Gak usah sering-sering nge-charge seperti iPad yang tiap 2-3 hari sekali harus di-charge.

Selamat membaca buku favorit Anda!

 

 

 

Comments

  1. christian says:

    gan mau nanya, kalau kita beli buku versi kindle di amazon apa lebih murah daripada bukunya beneran di amazon?

  2. Franky says:

    Bos mau tanya, kita bisa ya kalo punya kindle readernya trus kita beli dari indo? soalnya sy coba pake Kindle Apps lewat Samsung utk beli buku versi kindlenya ga bisa.

    Thanks

    • Dari Indo maksudnya login ke account di website Amazon dari Indo & bayarnya pake kartu kredit Indo? Kalo itu yang dimaksud, saya bisa.

      Kalo dari Kindle Apps gak tahu. Gak pake Kindle Apps.

  3. Kaka Kustarika says:

    Mau tanya dikindle apa ada buku yg udah di terjemahkan???!

  4. mas, numpang nanya, kalau memakai kindle di indonesia harus diregistrasi dulu ya?

  5. ijin menyimak.

Leave a Reply

%d bloggers like this: