MantraUANG Sekuriti Bisnis Online – Bagian 1

Sekuriti atau keamanan bisnis anda sangat penting untuk selalu dijaga. Karena bisnis anda adalah sumber income anda. Di bisnis konvensional, sekuriti bisa dilakukan misalnya dengan menyewa satpam, memakai kamera CCTV, memasang alarm atau beli polis asuransi.

Nah bagaimana dengan bisnis online? Prosedurnya lebih sederhana dan lebih murah (bahkan bisa GRATIS)!

Pertama-tama, anda mulai dengan mengamankan komputer anda. Betul sekali, karena anda melakukan aktivitas bisnis online anda dengan menggunakan komputer anda bukan?

Minimum anda harus mengamankan komputer anda dengan:

  • Anti virus
    Misalnya AVG (ada versi personal yang gratis). Jika anda memakai Mac, anda bisa menggunakan iAntiVirus (juga gratis).

  • Firewall
    Misalnya Comodo Firewall (gratis untuk versi personal). Comodo juga menawarkan anti virus, namun saya menggunakan AVG sebagai anti virus, jadi ketika menginstall Comodo, pilih Install the Firewall as a standalone.

  • Backup hard disk
    Sering backup data di hard disk anda. Anda bisa menggunakan hard disk eksternal untuk mengopi data penting anda. Jika anda menggunakan Mac, akan lebih gampang lagi dengan memakai Time Machine (fitur Mac OS X).

  • Gunakan screen saver dengan password. Jadi ketika anda meninggalkan komputer anda, komputer anda akan mengaktifkan screen saver setelah beberapa saat tidak digunakan. Dan untuk mematikan screen saver perlu memasukkan password. Trik ini bisa mengurangi resiko seseorang menggunakan komputer anda ketika tidak sedang anda gunakan.

  • Jangan memakai auto login ke Windows anda. Jika ada beberapa orang yang menggunakan komputer yang sama (misalnya suami, istri, atau anak anda), buatkan tiap orang account Windows sendiri-sendiri.

    Jika anda menggunakan Windows XP, caranya dengan klik Start > Settings > Control Panel > User Accounts. PENTING: Jangan berikan orang lain account sebagai Administrator, tapi sebagai Limited.

Setelah mengamankan komputer anda, anda juga harus mengamankan WordPress blog anda. Caranya? Tunggu MantraUANG Sekuriti Bagian 2 🙂

Anda punya trik sendiri untuk mengamankan komputer anda? Ayo diskusikan di Forum MantraUANG!

Comments

  1. wah saya tunggu deh bagian 2 nya, kalo bagia pertma terus terang saya pernah dapet penglaman buruk, komputer saya tidak memakai anti virus apapun, dan akhirnya berbagai senjata bisnis saya hilang dimakan si virus, sedih deh saya, apalagi diantara senjata itu seperti artikel PLR yang sengaja saya beli untuk konten blog juga hilang, kalau sekarang sya memakai antivirus lokal dan avira, semuanya gratis dan lumayan powerfull

Leave a Reply

%d bloggers like this: