Monumen Untuk Hama Perusak Tanaman

Boll Weevil Monument - Monumen Untuk Hama Perusak Tanaman

Boll Weevil Monument, Monumen untuk hama perusak tanaman.

Ini emang benar-benar aneh tapi nyata… Hama perusak tanaman yang bikin gagal panen selama 3 tahun tapi malah dibikinin monumen.

Aneh yah? Aneh, kalo gak tahu cerita di baliknya 🙂

Pada tahun 1915, perkebunan katun di kota Enterprise di negara bagian Alabama, Amerika Serikat, diserang hama ini. Yaitu hama Boll Weevil (Anthonomus grandis) yang berasal dari Meksiko. Alhasil dalam 3 tahun, petani katun di Alabama gagal panen dan banyak yang bangkrut.

Lalu para petani terpaksa banting setir dari menanam katun jadi menanam berbagai tanaman lainnya seperti kacang. Dan ternyata menanam kacang malah bikin para petani hidupnya jadi makmur. Jauh lebih kaya dibandingkan pada waktu mereka masih berkebun katun.

Karena itu para petani membangun momumen untuk hama katun ini, yang dikenal sebagai Boll Weevil Monument, dan menjadi salah satu tujuan wisata terkenal di Alabama.

Moral dari cerita ini… kegagalan bukan akhir dari segalanya, karena bisa membuka peluang lain yang lebih Ampuh! Kegagalan panen katun karena hama, malah akhirnya membuat petani Alabama jadi makmur.

Sama juga seperti teknologi. Teknologi telah dan akan membunuh banyak pekerjaan, bisnis dan kesempatan. Tapi pada waktu yang sama, teknologi juga membuka banyak pekerjaan, bisnis dan kesempatan baru.

Apakah Anda juga mau memanfaatkan teknologi untuk bisa dapat pasif income dari bisnis toko online kelas dunia?

Leave a Reply

%d bloggers like this: