SOPA PIPA Bisa Bikin Web 2.0 Mati Kutu!

Ilustrasi SOPA PIPA

Ilustrasi SOPA PIPA oleh Cornelia Kopp.

Hari ini banyak website yang “tutup”, termasuk Wikipedia, untuk protes SOPA & PIPA.

Informasi detil tentang SOPA & PIPA memang belum betul-betul jelas tapi kurang lebih ini informasi yang saya himpun dari Internet.

Apakah mempengaruhi peluang bisnis online di Internet?

Apa sih PIPA?

PIPA adalah singkatan dari Protect IP Act.

PIPA kalo disahkan jadi undang-undang oleh pemerintah Amerika, akan memberikan hak bagi perusahaan & pemerintah Amerika untuk mengambil langkah hukum terhadap website yang dianggap melanggar hak cipta, baik itu website dari Amerika atau pun luar Amerika.

Antara lain yang bisa dilakukan oleh perusahaan & pemerintah Amerika:

  • Memaksa ISP (Internet Service Provider) untuk memblok akses ke website yang dianggap melanggar hak cipta.
  • Memaksa search engines (seperti Google, Bing, dll), directory (seperti DMOZ, Yahoo, dll), blog & website (seperti WordPress, Facebook, Twitter, dll) untuk menghapus akses ke alamat-alamat yang di-black list.
  • Bisa menuntut website yang dianggap tidak proaktif mencegah pelanggaran hak cipta di website tsb.
Wikipedia Menghitamkan Diri Hari Ini

Wikipedia menghitamkan diri hari ini sebagai protes terhadap SOPA PIPA.

Apa sih SOPA?

SOPA adalah singkatan dari Stop Online Piracy Act.

SOPA kalo disahkan jadi undang-undang, akan bekerja bersama dengan PIPA. Konon SOPA ini gak lebih dari daftar website yang di-blacklist yang diterbitkan oleh perusahaan & pemerintah Amerika.

Mungkin kurang lebih mirip dengan daftar blokir website porno yang dikeluarkan Keminfo. Bedanya SOPA berisi daftar website yang melanggar hak cipta.

Efeknya Untuk Kita

  • Sebagai pemilik blog, kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang ditampilkan di blog kita, termasuk gambar, iklan & komentar pengunjung. Misalnya ada suatu artikel yang memuat merek atau logo suatu perusahaan & perusahaan tsb tidak suka merek atau logonya dimunculkan di artikel tsb, perusahaan tsb bisa mengambil langkah hukum. Padahal belum tentu penulis artikel tsb melanggar hak cipta. Bisa saja penulis artikel tsb menulis review, memuji design logo tsb, atau dipakai sebagai studi kasus.
  • Sebagai pemilik account social media kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang tampil di accountkita.Di Facebook kita bisa jadi takut untuk “Like” karena bisa-bisa yang kita “Like” melanggar hak cipta. Atau bagaimana dengan Tweet?
  • Kita harus bertanggung jawab terhadap apa yang kita posting di Internet.Bayangkan kalo misalnya kita memposting di Facebook atau Youtube, video anak kita menyanyikan lagu yang sedang hits. Apakah kita bisa ada resiko dituntut karena melanggar hak cipta?

Saya sungguh gak bisa membayangkan efek SOPA & PIPA ini. Bisa-bisa web 2.0 mati kutu!

 

Comments

  1. 3 blogku kena semua pak aldian, di kick sama mbah google, padahal dah naik banding ke google tetep aja belum di approve….

Leave a Reply

%d bloggers like this: