Awas! Internet Bisa Jadi Teman Atau Musuh

Sama seperti alat bantu lainnya, Internet bisa menjadi teman atau musuh, tergantung bagaimana Anda menggunakannya.

Anda harus ingat bahwa Internet atau dunia online adalah extention (perpanjangan) dari dunia offline. Jadi Anda juga harus bertanggung jawab atas aktivitas & identitas Anda di Internet (baca Tip MantraUANG sebelumnya tentang Berbisnis Online Harus Tetap Personal).

Dan apa yang Anda tulis di Internet, sekali sudah tercatat di Google akan tetap tercatat di arsip Google. Selain itu aktivitas Anda berinternet umumnya juga tercatat di ISP (Internet Service Provider) yang Anda gunakan.

Anda tentu masih ingat dengan kasus Prita & Rumah Sakit Omni Internasional hanya karena sebuah email. Begitu juga kasus Luna Maya & Infotainment hanya karena sebuah tweet di Twitter. Ini hanyalah contoh sederhana di mana Internet bisa menjadi musuh.

Namun di lain pihak, Internet juga bisa menjadi teman Anda. Anda bisa gunakan Internet untuk berbisnis online. Anda bisa memulai bisnis online dari nol, atau Anda bisa gunakan untuk mengekspansi bisnis offline Anda!

Bagaimana agar Internet bisa menjadi teman Anda?

  • Patuhi etika & peraturan yang berlaku.

  • Jaga privacy Anda. Hindarkan data sensitif Anda dari Internet, misalnya tanggal lahir, nomer kartu kredit & kode sekuritinya, username & password, dsb.

  • Dan yang paling penting, gunakan MantraUANG Dari WordPress Blog!

Comments

  1. Iya, nich, kita jadi harus berhati-hati dengan segala komentar kita di dunia maya ini. Takut juga sih. Mulai sekarang jaga sikap bukan hanya di offline tapi juga di online yach!!!

Leave a Reply

%d bloggers like this: