6 Raksasa Merchant Affiliate – Mana Yang Gampang Mengucurkan Dollar?

Ilustrasi affiliate

Ilustrasi affiliate diadaptasi dari Missy Ward di Flickr.

Saat belajar Internet marketing & belajar bisnis Internet, terutama saat memilih sumber kantong uangnya dengan menggunakan MantraUANG 3 (affiliate marketing), Anda mungkin bingung karena begitu banyak pilihan.

Mau pilih yang mana? Mana yang gampang mengucurkan uang? Lebih enak affiliate network atau inhouse affiliate program?

Kurang lebih itu pertanyaan yang paling sering ditanya. Karena itu saya mau share 6 raksasa merchant affiliate yang terkenal & banyak dipakai di dunia. Yuk kita mulai…

 

Affiliate Network

Affiliate network adalah jaringan berbagai macam program affiliate dari berbagai merchants. Affiliate network bertindak sebagai perantara (middle man) antara merchant dan affiliate. Affiliate link dibuat & di-track oleh affiliate network, begitu pula pembayaran komisi dilakukan lewat affiliate network, termasuk urusan refund.

Raksasa affiliate network antara lain: LinkShare, ShareASale, Google Affiliate Network & ClickBank.

Enaknya pakai affiliate network, kita lebih yakin kalau komisi pembayaran kita pasti dibayar (apalagi kalau merchant nya kurang dikenal atau perseorangan). Selain itu, biasanya kita cukup mendaftar sekali saja & bisa langsung mempromosikan produk dari berbagai merchant, kecuali untuk merchant tertentu yang melakukan approval manual.

In-house Affiliate

Inhouse affiliate adalah program affiliate yang dimiliki & dioperasikan oleh merchant itu sendiri. Raksasanya antara lain Amazon Associate & eBay Partner Network.

Selama inhouse affiliate terpercaya, pilihan produknya banyak & reputasinya bagus, lebih praktis memakai inhouse affiliate. Antara lain karena komunikasi antara affiliate & merchant lebih gampang. Misalnya seperti Amazon Associate yang menyediakan support bagi affiliate nya.

 

LinkShare

Merchant yang bergabung di LinkShare antara lain Wal Mart, GoDaddy, Enterprise, Pet’s Mart & banyak lagi merchant lainnya. Saya yakin Anda paling tidak pernah dengar tentang GoDaddy yang terkenal menjual domain name dengan harga super murah, atau mungkin Anda malah pernah membeli domain name dari GoDaddy ๐Ÿ™‚

ShareASale

Di sini cukup banyak pilihan merchant majalah dengan komisi penjualan antara $25 – $40 (sering disebut paypersale). Selain itu juga ada pilihan bentuk komisi lainnya seperti payperlead (Anda dibayar kalau referral Anda mengisi suatu formulir, misalnya memberikan nama, alamat & nomer telpon mereka) & payperclick (Anda dibayar kalau referral Anda mengklik suatu link, jadi mirip dengan Google AdSense).

ClickBank

ClickBank adalah pasar digital terbesar & yang paling dikenal di Indonesia. Komisi penjualannya cukup menggiurkan, mulai dari 25% – 70%. Berbagai macam produk dalam berbagai topik ditawarkan di ClickBank.

Google Affiliate Network

Google biasanya dikenal dengan AdSense & AdWords nya. Tapi Google juga punya affiliate network sendiri. Pembayaran komisinya juga lewat account AdSense.

Banyak merchant terkenal yang bergabung dengan Google Affiliate Network, antara lain Target.com yang terkenal dengan produk fashion nya, NetFlix yang menjadi raja rental DVD & juga Nike!

Oh ya, kalau Anda menggunakan AdSense sebagai pundi-pundi uang Anda, mungkin Anda berminat dengan Theme Mantra AdSense. Anda bisa dapat GRATIS Theme Mantra AdSense di sini.

Amazon Associate

Ini bisa dibilang adalah raja produk fisik di Internet. Ada berbagai macam produk yang ditawarkan & brand Amazon sudah sangat dikenal di seluruh dunia, terlebih di Amerika, Kanada & Inggris.

Ibaratnya kalau seseorang sudah nyasar ke website Amazon, kemungkinan besar orang itu akan membeli sesuatu di Amazon, karena Amazon sangat jago jualan!

eBay Partner Network

Program affiliate eBay dulu di-handle oleh Commission Junction, tapi sekarang sudah fully in-house di eBay sendiri.

 

Mana Yang Paling Gampang Mengucurkan Dollar Dari 6 Raksasa Itu?

Preference saya Amazon karena alasan yang sudah disebutkan di atas. Kalau kita berbisnis toko Amazon, goal utama kita adalah membuat pengunjung website kita untuk mengklik link affiliate Amazon kita & menuju ke website Amazon.

Sesudah itu biarkan “MAGIC” Amazon yang membuat referral kita terbius untuk membeli di website Amazon & kita tinggal menunggu komisi pembayaran kita ๐Ÿ™‚

Kendala dari Amazon sebenarnya cuma satu. Peraturan & persyaratannya sangat ketat sehingga kita harus lebih berhati-hati. Walau begitu potensi income dari Amazon Associate tetap menggiurkan!

PENTING: Kalau Anda mau memulai berbisnis toko online menggunakan affiliate Amazon, Anda bisa belajar di sini, untuk menghindari dari hal-hal yang tidak diinginkan & untuk lebih cepat menerima cek dari Amazon!

UPDATE (11 Desember 2012):

Kami sudah tidak lagi melakukan bisnis lewat ClickBank & Amazon atau pun affiliate network di atas, dan sudah tidak lagi merekomendasikan ClickBank & Amazon kepada murid-murid kami. Karena kami menemukan model bisnis yang lebih baik. Anda bisa ikut gratis eCoaching tentang peluang bisnis tsb di coaching.MantraUANG.net.

Berikut ini beberapa alasan utama kami kenapa kami tidak lagi berbisnis ClickBank & Amazon:

  1. Kompetisi Amazon sangat ketat karena produknya komoditas alias bisa dibeli hampir di tiap toko online
  2. Umur cookie Amazon hanya 24 jam, artinya kalo gak ada pembelian dalam 24 jam sejak referral kita mendarat di Amazon, kita gak akan dapat komisi selamanya dari referral kita
  3. Komisinya cuma dapat sekali saja & tidak ada recurring income, artinya kita gak dapat pasif income
  4. Komisi cuma 1-tier jadi tidak ada faktor kalinya
  5. Refund rate ClickBank tinggi karena produknya digital. Sering kejadian, referral habis beli, langsung minta refund. Belum pula produknya bisa dibajak.
  6. Produk Amazon & ClickBank tidak habis dipakai, jadi orang gak beli lagi dari kita.
  7. Kami 2x kena ban Amazon & 2x komisi Amazon kami hangus.

Karena itu kami tidak lagi melakukan bisnis ClickBank & Amazon, dan juga tidak lagi merekomendasikannnya kepada murid-murid kami. Kami melakukan bisnis eCommerce lain yang jauh lebih baik, lebih mudah & potensi pasif income nya jauh lebih besar. Anda bisa ikut gratis eCoaching tentang peluang bisnis tsb di coaching.MantraUANG.net.

Comments

  1. pak … klo bagi pemula …. yang kira2 cocok atau pas yang mana ya …..

  2. saya baru pertama menggunakan amazone tapi, dalam sehari blm ada yang click amazone, apa terpengaruh kena banned amazone.. mohon pengarahannya.

    • Sudah berapa traffic nya dalam sehari? Kalo traffic nya baru 100 pengunjung & penempatan link / banner gak dioptimalkan, bermimpi kalo bisa dapet klik…

  3. Saya pernah daftar di ShareAsale unt Theme genesis akhirnya di Approve ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

%d bloggers like this: