3 Pelajaran Penting dari Lamaran Burger King ke McDonald

Pagi ini Internet diramaikan oleh lamaran Burger King ke McDonald untuk membuat McWhopper dari bagian terbaik Whopper dan BigMac. Iya karena Burger King melamar secara terbuka lewat iklan di 2 koran terbesar di Amerika. Dan McDonald juga menolaknya secara terbuka lewat postingan di Facebook.

Belum juga 8 jam sejak lamaran ini, sudah lebih dari 301.000 website yang membahas McWhopper. Begitu juga di Twitter dan Instagram ramai dengan tagar #McWhopper. Bahkan ada juga yang membuat sendiri McWhopper mereka!

Yang menarik, meskipun ini jelas-jelas trik marketing Burger King (iyalah, kalau mereka memang beneran serius akan langsung kontak langsung ke McDonald secara privat), banyak juga netizen yang merespons positif dan bersimpati.

Jadi pelajaran marketing apa yang bisa contek di sini?

1. Memanfaatkan Momentum

Burger King memanfaatkan Peace Day (Hari Perdamaian) pada 21 September untuk berdamai dengan McDonald dari perang burger, dengan membuat McWhopper ini.

2. Terlihat Sosial

Semua hasil penjualan McWhopper akan disumbangkan 100% untuk organisasi sosial One Peace Day.

Betul, Burger King terlihat baik sekali seperti malaikat karena menyumbangkan semua hasil penjualan dari 1 toko pada 1 hari itu.

Lho kenapa yang disumbangkan cuma dari 1 toko dan selama 1 hari saja?

Karena memang McWhopper hanya akan dijual di 1 toko pada 21 September 2015 saja jika McDonald menyetujuinya 🙂

3. Diversifikasi Offline + Online

Burger King menggempur tidak hanya dari online lewat Internet, tapi juga lewat offline dengan pasang iklan di koran. Dan di Internet, promosi Burger King bertebaran di mana-mana: Youtube, Twitter Facebook, Instagram, website McWhopper.com

Dan menurut Anda sendiri, apa yang Anda sukai (atau tidak sukai) dari trik marketing Burger King ini?

Speak Your Mind

*